Jawaban Essay Nomor 1 s.d 16 Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022
JAWABAN ESSAY NOMOR 1 - 16 CALON GURU PENGGERAK
TAHUN 2022 ANGKATAN 7
1.
Apa
Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak a.
Apa yang
memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam
mewujudkan motivasi tersebut? Jawaban : Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta
arus Informasi di generation Revolusi 4.zero atau sering disebut era virtual
saat ini sangat pesat. Perkembangan ini mempengaruhi semua aspek kehidupan
termasuk lembaga-lembaga sosial. Kemampuan dalam melakukan penyesuaian
(adjustment) terhadap tuntutan generation digital menjadi tantangan besar.
Pendidikan sebagai salah satu lembaga critical suatu bangsa harus melakukan
perubahan progresif sesuai perkembangan zaman.b. Pendidikan diharapkan dapat
mewujudkan cita-cita bangsa sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 untuk
mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1-2 dan Pasal 32
secara tegas mengatur tentang pendidikan. Berdasarkan Undang-Undang Sistem
Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 bahwa pendidikan merupakan
usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agarpeserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya
untuk memiliki kekuatan religious keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara.c. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan
kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam
rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan bertujuan untuk
mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap,
kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung
jawab.d. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan di tengah perkembangan zaman
yang semakin cutting-edge pada era virtual saat ini, peningkatan kompetensi
guru harus terus diupayakan guna menghadirkan pembelajaran yang berkualitas.
Dalam hal ini guru menjadi ujung tombak dalam mencapai tujuan pendidikan.
Untuk itu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yakni kompetensi
profesional, pedagogi, kepribadian, dan sosial, harus mampu diimplementasikan
dalam lingkungan sekolah.e. Faktanya, tidak semua guru dapat menjalankan
semua kompetensi secara proporsional. Keempat kompetensi yang mestinya harus
dimiliki dan dijalankan namun berbanding terbalik dengan kondisi riil di
lapangan saat ini. Tidak sedikit guru fokus mengajar atau menyampaikan materi
pembelajaran namun mengabaikan kompetensi lainnya seperti kepribadian dan
sosial. Sehingga guru terkesan bersikap acuh terhadap perkembangan era zaman. Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru
Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya! Jawaban : Sebagai
seorang guru, saya selalu berupaya untuk bertindak reflektif demi
mengembangkan keprofesionalan secara kontinu/berkelanjutan, seperti mengikuti
pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi guru, mengikuti seminar,
lokakarya, serta mengikuti Bimbingan dan Teknis yang berhubungan dengan
bidang keilmuan saya. Hal ini saya lakukan sebagai salah satu cara untuk
memenuhi standar kompetensi guru sesuai dengan tuntutan profesi dan
perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Karena sejatinya meningkatkan
kompetensi guru menjadi bagian penting yang harus dilakukan secara terus
menerus berkelanjutan. Upaya yang saya lakukan ini selain bertujuan untuk
meningkatkan kompetensi saya sendiri sebagai guru, namun juga yang paling
utama adalah untuk bekal saya dalam mendidik agar menghasilkan perubahan yang
nyata terhadap perilaku peserta didik seperti perubahan sikap (attitude) dan
keterampilan (skill). Selain upaya
tersebut di atas, sebagai guru milenial saya cukup menguasai Teknologi
Informasi dan Komunikasi yang selalu terus berkembang pesat. Hal ini penting,
karena hampir di semua bidang telah dan bahkan wajib menggunakan teknologi,
dan tentunya juga di bidang pendidikan. Internet of Things (IOT) sudah
menjadi suatu yang lumrah dan wajar dalam pendidikan. Karenanya saya sebagai
guru harus melek dengan perkembangan tersebut, jika saya tidak ingin
ketinggalan perekembangan zaman. Kemampuan-kemampuan tersebut sangat
diperlukan untuk menghadapi pendidikan keterampilan abad ke 21 dan pendidikan
Era Revolusi Industri 4.0. Kelebihan
lain saya sebagai guru adalah saya cukup menguasai karakteristik peserta
didik. Hal ini saya lakukan dengan cara menelusuri berbagai hal dari peserta
didik, seperti dari aspek fisik, moral, spiritual, social, kultural,
emosional, dan intelektual. Dengan demikian saya selalu berupaya menyesuaikan
teknik pembelajaran yang saya terapkan dengan karakteristik peserta didik. Karena saya
cukup menguasai karakteritik peserta didik, maka secara tidak langsung saya
juga cukup mampu menguasai kelas dalam pembelajaran yang saya ampu. Terakhir, 2
faktor pendukung lainnya saya sebagai calon guru penggerak adalah karena
adanya sarana dan prasarana cukup memadai, serta pada tahun 2019 saya adalah
salah seorang yang terpilih sebagai Runner up Guru Berprestasi dan
Berdedikasi di sekolah saya. Berikan contoh perubahan, inovasi,
pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan
inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut?
(Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda,
upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan
pihak lain yang terlibat bila ada) Jawaban : ada awal tahun 2021 saya pernah menerapkan Pembelajaran
Berbasis Android dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Playstore
melalui pendekatan pembelajaran sistem STEM (Science, Technology,
Engineering, and Mathematics). Pembelajaran sistem STEM yaitu pendekatan
pembelajaran yang menghubungkan keilmuan, teknologi, rekayasa, dan matematika
ke dalam proses pembelajaran menjadi satu kesatuan secara utuh dan saling
terkait. Melalui STEM ini, peserta didik dituntun menjadi pemecah masalah,
penemu, innovator, membangun kemandirian, berpikir logis, melek teknologi,
dan mampu menghubungkan pendidikan STEM dengan dunia kerjanya (sanders,
2009). Ide saya tersebut saya realisasikan dalam kegiatan
pembelajaran kemudian saya tuangkan dalam bentuk karya tulis (Best Practice)
yang saya beri judul Penerapan Pendekatan Pembelajaran STEM Dalam Praktik
Pengukuran Lahan Berbasis Smartphone Pada Mata Pelajaran Produktif. Ide tersebut saya realisasikan dengan berbagai
pertimbangan, seperti daya dukung yang tersedia, yaitu : 1. SMK-SPP Negeri 3 Kerinci merupakan SMK bidang
Agribisnis yang memiliki lahan yang cukup luas yaitu 22 hektar (lahan praktik
dan lahan bangunan). Selama ini dalam kegiatan praktik melakukan pengukuran
lahan selalu dilakukan secara konvensional dengan menggunakan meteran.
Hasilnya memang lebih akurat, tetapi kurang efektif dan efisien karena bentuk
lahan yang tidak beraturan dan terbatasnya waktu praktik pembelajaran. 2. Saya melihat hampir semua peserta didik memiliki dan
mampu menggunakan telepon genggam berbasis android (Smartphone). Keadaan ini saya manfaatkan untuk menuangkan ide kepada
peserta didik sebagai salah satu upaya dalam menyongsong Era Revolusi
Industri 4.0, yaitu menerapkan teknologi pengukuran lahan dengan menggunakan
aplikasi di smartphone seperti Calculator Area, GPS Fields Area Measure, dll. Dengan ide yang saya realisasikan tersebut ternyata
mampu memberikan manfaat bagi saya sendiri/guru, bagi peserta didik, bagi
sekolah, serta bagi masyarakat. Manfaat bagi guru (saya) : a. Pengalaman baru bagi guru dalam menerapkan
pendekatan pembelajaran STEM; b. Guru dapat menemukan keunikan dalam diri peserta
didik; c. Guru bisa berinteraksi yang lebih intens dengan
peserta didik; d. Guru lebih berperan sebagai fasilitator Manfaat bagi peserta didik : a. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik; b. Meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik
melalui integrasi 4 disiplin ilmu (STEM); c. Membuat peserta didik lebih aktif dan berhasil
memecahkan problem-problem yang komplek; d. Meingkatkan kreativitas peserta didik e. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan
teknologi baru, memahami proses dan cara kerjanya. Manfaat bagi sekolah : a. Pemanfaatan sumber daya yang ada di sekolah; b. Mendukung kegiatan praktik mata pelajaran produktif
di sekolah. Manfaat bagi masyarakat a. Dengan mensosialisasikan kepada masyarakat akan
mempermudah masyarakat dalam mengukur luas lahannya sendiri secara cepat
dengan menggunakan aplikasi di smartphone. Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi
sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama
dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua,
wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka
agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan
agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama. 2.
Berinteraksi
dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan
kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan
sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas,
perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya)
guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu
Anda mencapai tujuan bersama. ·
Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi
saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa?
Gambarkan secara jelas! Jawaban : Berinteraksi dengan
orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang
Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat,
pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat
desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna
menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda
mencapai tujuan bersama. dapat menceritakan
secara jelas pengalaman mengikuti kompetisi (sebutkan nama dan jenis
kompetisi) dan apa saja umpan balik yang didapatkan seperti komentar, saran,
masukan, maupun perbaikan yang didapatkan selama mengikuti kegiatan. Bagaimana cara Anda
menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda? Kegiatan-kegiatan yang
diikuti dan umpan balik seperti komentar, saran, masukan, maupun perbaikan
yang didapatkan selama mengikuti kegiatan harus disikapi dengan bijak dan
dewasa. ·
Kesulitan apa
saja yang Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan
yang Anda hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situasi
tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang
telah direncanakan? Jawaban Kesulitan untuk
melakukan bekerjasama terkadang partner yang kita ajak untuk bekerja sama
tidak sejalan dalam arti tidak sepaham dengan apa yang kita pikirkan untuk mencapai
tujuan secara bersama. Kesulitannya antara lain sulit menyatukan pendapat
meskipun hal itu merupakan hal yang biasa jika terjadi perbedaan pendapat,
asalkan dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat. Jika sudah melalui
musyawarah, maka kerjasama akan lebih mudah dan lebih lapang dalam mencapai
tujuan. Penjelasan: Bekerja sama sangat
penting dalam mencapai tujuan jika tujuan tersebut untuk kepentingan bersama,
bukan tujuan yang ingin diraih individu. Dengan bekerja sama, maka tujuan
dapat lebih mudah dicapai karena yang menjalankan dan memikirkan ada lebih
dari satu orang. Meskipun demikian, kerjasama pun pasti menemukan tantangan
karena menyatukan visi 2 orang atau lebih. Namun yang pasti, kerjasama akan
menghasilkan suatu tujuan secara bersama. dan timework bagi
suatu tim sangatlah penting agar meraih suatu apa hal yang kita inginkan. Kesulitannya antara
lain sulit menyatukan pendapat meskipun hal itu merupakan hal yang biasa jika
terjadi perbedaan pendapat, asalkan dapat diselesaikan secara musyawarah
mufakat. Jika sudah melalui musyawarah, maka kerjasama akan lebih mudah dan
lebih lapang dalam mencapai tujuan. Penjelasan: Bekerja sama sangat
penting dalam mencapai tujuan jika tujuan tersebut untuk kepentingan bersama,
bukan tujuan yang ingin diraih individu. Dengan bekerja sama, maka tujuan
dapat lebih mudah dicapai karena yang menjalankan dan memikirkan ada lebih
dari satu orang. Meskipun demikian, kerjasama pun pasti menemukan tantangan
karena menyatukan visi 2 orang atau lebih. Namun yang pasti, kerjasama akan
menghasilkan sesuatu yang kita tuju. ·
Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan
komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama? Jawaban komitmen untuk mencapai tujuan bersama disini kita
harus memberikan pemahaman bahwa untuk mencapai tujuan bersama dan jangan ada
rasa individualisme atau pemikiran secara individual. agar lebih tercapainya
suatu tujuan yang apa kita inginkan dalam bekerjasama. dan kita harus berinteraksi agar selaras dengan pola
pikir pihak bekerjasama, Di dalam bisnis pasti kita memerlukan kerja sama
antar patnerbisnis untuk terus mempertahankan dan mengembangkan usaha serta
memeperoleh keuntungan. Beberapa upaya yang dapat saya lakukan adalah
memberikan beberapa penawaran dimana penawaran tersebut selain menguntungkan
saya, tetapi juga menguntungkan patnerbisnis, sehingga hal ini dapat memberikan
manfaat untuk kedua belah pihak dan dapat terus bekerja sama. Upaya lainnya
adalah menjaga hubungan baik antar patner bisnis, hal ini bertujuan untuk
membangun relasi yang adapat menjadikan dan membentuk word of mouth yang baik
dan citra yang baik pula. Menciptakan komunikasi yang lancar Menjalin hubungan yang baik Membangun rasa percaya Membangun rasa kepemilikan dan komitmen Olahraga dan hangout bersama Apresiasi dengan reward dan event Memberikan tujuan dan aturan yang jelas Memperjelas peran dari masing-masing karyawan dan alur
kerja Menghargai Berikan contoh yang baik Sosialisasi Dorong Izinkan anggota tim aktif mengambil bagian dalam
pengambilan keputusan Upaya yang saya lakukan untuk mendapatkan komitmen dari
berbagai pihak (dalam kasus ini orang tua) untuk bekerja sama yaitu membuat
surat perjanjian di atas matrai 6000 (saat itu matrai 10000 belum terbit)
yang menyatakan bahwa orang tua bersedia jika anak nya akan tinggal kelas
jika tidak melakukan pembelajaran daring dengan semestinya. Disamping mebuat
surat perjanjian yang ditanda tangai oleh orang tua di atas matrai, saya
menyampaikan kepada peserta didik (waktu kejadian kasus diatas) untuk menemui
langsung guru-guru mata pelajaran yang memiliki masalah dalam pembelajarannya
atas izin orang tua dari peserta didik tersebut (mengingat situasi covid-19)
agar peserta didik tersebut dapat meminta tugas yang tertinggal atau
terbengkalai. Kemudian saya melakukan pengecekan rutin kepada orang tua
mengenai kegiatan belajar peserta didik di rumah selama pembelajaran daring.
Dalam kasus lain, hal yang sama dapat dilakukan. Membuat surat perjanjian
kerjasama yang disepakati masing-masing pihak yang diajak bekerja sama. Surat
perjanjian ini selain sebagai bukti bahwa pihak-pihak tersebut bersedia melaksanakan
segala sesuatu dan diajak bekerja sama, apabila terjadi hal-hal yang tidak
dinginkan atau diluar hal yang telah disepakati bersama, maka bisa dibawa
sesuai jalurnya untuk dapat ditindaklanjuti. Hal ini sangat lumrah memiliki
bukti akan sesuatu, bahkan dalam Al-Quran di jelaskan QS. al-Baqarah ayat
282-283 menjelaskan tentang perintah menuliskanutang piutangyang disebut
(al-mudayanah) serta anjuran mempersaksikannya dan menjelaskan syarat yang
harus dimiliki oleh juru tulis. Maslah ke-2 tidak terselesaikan. Hasil dari
orang tua I memutuskan untuk membelikan I handphone baru untuk I sendiri.
Namun kendala pembelajaran Daring oleh I tetap bermasalah. Sehingga pihak
sekokah kembaki memanggil orang tua I, namun kerjasama selanjutnya dilakukan
oleh BK dan orang tua I. Setelah pertemuan orang tua I (kali ini ayah I) dan
pihak BK sekolah, kembali membuat surat perjanjian tingkat atas. Hasil maaih
sama samlai pembeljaran Tatap Muka Terbatas berlangsung (di semester 2
sekolah kami mendapat izin untuk melakukan Tatap Muka Terbatas). Pada 17 Februari 2021, 9:15 WIB saya melakukan
panggilan telepon kepada orang tua I (saya memiliki nomor telepon Ayah I) I masih sering Alfa, dari penuturan ayah I hari itu I
kesekolah menggunakan baju sekolah. Tetapi saya menelpon dan I tidak tiba di
sekolah. Kemudian pada 18 Februari 2021, 8:26 Wib melalui nomor I saya
mendapat pesan berikut Assalamualaikum buk, saya wali murid dari Irvan
Effendi hari ini irvan tidak dpt mengikuti pelajaran hari ini dikarenakan
sakit, terimakasih buk. Sampai saat ini saya belum melakukan pengecekan
kembali terhadap I maupun konfirmasi kerjasama orangtua I terhadap pihak
sekolah setelah kerjasamanya dengan BK. Karena saat ini pembelajaran Daring
kembali berlangsung sebab Kelas XII memiliki rangkaian Ujian dan saya belum
mendapat laporan dari guru mapel mengenai I ini. Bagaimana hasilnya? Jawaban hasilnya sangat memuaskan apabila kita sepaham dengan
orang yang kita ajak bekerjasama antara lain satu tujuan yang memang
bermanfaat. Pada bagian ini calon guru penggerak harus menjelaskan
hasil dari dukungan yang diberikan selama melakukan upaya pengembangan
terhadap orang lain. Anda dapat menceritakan dengan sederahana dan apa adanya
tentang hasil yang diperoleh. Sebagai contoh, setelah memberikan dukungan
moril dan materil para peserta bimbingan semakin semangat dan antusias
mengikuti kegiatan pelatihan atau lainnya 3.
Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang
ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam
menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat
menjalankan tugas Anda.
Kapan
waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda
hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas! Jawaban : Pencapaian tujuan bersama
membutuhkan komitmen bersama melalui komunikasi yang intensif. Nyatanya,
menjalin komunikasi satu arah yang efektif tidak semudah yang Anda bayangkan.
Hal ini membutuhkan pendekatan yang sama dan pemahaman yang sama tentang tujuan
yang ingin dicapai. Misalnya, ketika saya ditunjuk
oleh kepala sekolah sebagai koordinator ujian untuk kegiatan evaluasi kinerja
(evakin) pada Oktober 2021, tepatnya pada Oktober 2021, penulis sebenarnya
adalah seorang guru PNS ketika saya berusia. Penjelasan dengan langkah-langkah: Hal
ini membutuhkan pendekatan yang sama dan pemahaman yang sama tentang tujuan
yang ingin dicapai. Membangun komunikasi, termasuk pengalaman saya sendiri,
pasti menghadirkan kesulitan. Saya mengalami sedikit kesulitan mengelola
anggota yang ada. saya untuk sementara waktu. Beberapa guru tampak acuh tak
acuh terhadap penyesuaian saya. Hal ini cenderung mengganggu proses penyiapan
dan pengumpulan data dari hasil penilaian sebagai bahan evakin Kepala Sekolah
2021. Meski demikian, berbagai upaya tetap dilakukan guna optimalisasi
persiapan evakin itu sendiri. Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk
memahami situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa
saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda
menghadapinya? Jawaban : Memahami
situasi secara komprehensif bagi para siswa sekolah atau remaja memang tidak
mudah. Untuk melakukan suatu upaya menuju kearah pemahaman tersebut
dibutuhkan kematangan berpikir dan kematangan emosi. Dua hal ini hanya bisa
dicapai dengan pengalaman sendiri atau lebih baik lagi, belajar dari
pengalaman dari orang lain. Disamping itu, juga diperlukan sesuatu yang bisa
menciptakan keseimbangan pemikiran untuk menimbang hal positif dan
negatifnya. Hal yang paling mungkin bisa dilakukan untuk siswa sekolah
menengah adalah berkonsultasi kepada sosok yang lebih tua dan bijak, yaitu
orang tua atau guru bimbingan konseling mengingat remaja umumnya masih labil
secara emosi dan mudah terkena peer pressure dari teman-teman sebayanya. Penjelasan: Pemahaman
situasi secara komprehensif atau mendalam hampir tidak mungkin dilakukan oleh
para remaja sendiri tanpa bantuan sosok yang lebih tua dan bijak. Lain halnya
dengan orang dewasa yang lebih mungkin melakukannya. Seandainya isu harus
dihadapi secara mandiri, maka berikut ini adalah sejumlah hal yang bisa
dilakukan: Tidak
langsung mengambil keputusan di saat itu juga, luangkan waktu untuk
mempertimbangkan, apapun kondisinya bahkan saat didesak sekalipun. Berusaha
mengambil kontrol dalam situasi tersebut, bukan terbawa situasi. Menganalisa
situasi tersebut secara obyektif, cari hal-hal positif dan negatif dari
setiap keputusan yang akan kita ambil plus mencari referensi atau data yang
sesuai dan bijak memilih informasi. Simulasikan
kemungkinan keputusan yang diambil dengan apa yang mungkin terjadi bagi diri
sendiri ataupun pihak lain yang terlibat. Mengetahui
keterbatasan diri kita, hal inilah yang paling sulit dilakukan karena
membutuhkan obyektifitas dalam berpikir Konsultasikan
kepada orang tua atau guru BK secara detil terhadap berbagai skenario yang
ada sebelum mengambil keputusan. Ambil
keputusan secara bijak dan tidak berganti keputusan di tengah jalan.
Konsisten dengan pilihan yang diambil. Jangan
takut dicela atau bahkan dirundung teman sebaya atau orang lain karena
dianggap terlalu rumit berpikir, ribet, atau lama mengambil keputusan, kuno,
tidak keren atau sejenisnya. Berani menjadi berbeda dari kebanyakan orang,
dan selama kita konsisten dengan tindakan serta keputusan kita orang lain
akan segan dan menghormati pada akhirnya. Ingat, keputusan yang bijak
setidaknya menghindari petaka,
atau bahkan akan mendorong munculnya kebaikan dan keberuntungan. Pertimbangan-pertimbangan atau
alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa
lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda? Jawaban : 1. Pertimbangan yang harus dihadirkan sebelum diambil
keputusan adalah: Dampak yang akan ditimbulkan dari keputusan yang akan
kita ambil. Apakh positif atau negatif. Dampak yang akan muncul jika kita tidak mengambil
keputusan. Batasan waktu yang kita miliki untuk mengambil
keputusan tersebut. 2. Informasi yang dibutuhkan yaitu: Mempelajari situasi atau masalah secara terperinci. Mengumpulkan berbagai informasi terkait keputusan yang
akan diambil. Siapa saja yang akan terdampak dengan keputusan yang
akan kita ambil. Membuat beberapa altrenatif. Mengidentifikasi risiko yang akan timbul dari berbagai
alterfnatif tersebut. Melakukan evaluasi dari beberapa risiko yang mungkin
muncul sebelum diambil sebuah keputusan. Pembahasan Di dalam kehidupan sehari-hari maka kita tidak bisa
dihindarkan dari yang namanya mengambil sebuah keputusan. Siapapun dan
dimanapun setiap orang pasti harus mengambil keputusan. Sebagai contoh ketika
bangun pagi kita dihadapkan harus mengambil keputusan apakah harus mandi
dahulu atau sarapan terlebih dahulu, kemudian hari ini kita akan memakai baju
yang bagaimana, itupun merupakan proses pengambilan sebuah keputusanara
sederhana. Ketika di dunia pekerjaan atau di pemerintahan maka
seorang pejabat dibutuhkan untuk memiliki sebuah keterampilan dalam
pengambilan keputusan. Karena memang tugas ketua, petinggi atau pejabat lah
yang dapat mengambil sebuah keputusan. Maka dalam pengambilan keputusan
tersebut diperlukan berbagai pertimbangan dan informasi untuk mendukung
keputusan tersebut sebagaimana disebutkan di atas. Tindakan apa
yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya? Jawaban : Di dalam sebuah
organisasi maka setiap orang berperan penting dalam menjalankan setiap
tugasnya dan bisa saling mendukung satu dengan yang lainnya. Beberapa bulan
terakhir ini pekerjaan di bagian divisi kami selalu saja tidakmencapai target
dan seringkali terjadi bottleneck (hambatan). Setelah ditelurusi ternyata ada
salah satu pekerja yang bisa dikatakan tidak menjalankan tugas dan tanggung
jawabnya sehingga mengganggu pekerjaan rekan kerja lainnya. Maka keputusan
strategis yang penulis ambil adalah dengan cara memindahkan pekerja tersebut
dan menggantinya dengan yang lebih berkompeten. Tentunya hal ini setelah
melalui proses coaching dan interview pekrja tersebut. Mengapa penulis
memutuskan untuk melakukan tindakan tersebut? Karena hal tersebut sangat
penting demi kelancaran pekerjaan sebuah tim, bisa dikatakan lebih baik
mengganti seseorang daripada mempertahankan akan tetapi merusak kondisi
sebuah tim. Bagaimana melakukan
eksekusi tersebut? Tentunya sebelum
memutuskan untuk memindahkan dan mengganti pekerja tadi, kami sudah melakukan
wawancara dengan pekerja tersebut dan memberikan kesempatan kepada dia untuk
lebih meningkatkan kinerjanya, akan tetapi hasil evaluasinya masih tetap
menunjukkan tidak adanya perubahan, sehingga mau tidak mau keputusan yang
diambil adalah memindahkannya dan menganti dengan orang lain. Hambatan dan hasil
yang diperoleh. Hambatannya adalah ada
rasa tidak enak ketka harus mengambil keputusan tersebu, namun dengan
berbicar dari hati ke hati maka pekerja tersebut pun dapat menerimanya.
Kemudian orang yang baru pun harus segera di training dengan cepat karena
harus seger berbaur dengan tim lainnya. Hasil yang diperoleh. Hasilnya sangat
memuaskan, tim kami menjadi lebih baik lagi dan tercapai sema target. Pekerja
yang dipindahkan pun dapat berkembang di posisi barunya. Pembahasan Seorang pemimpin,
harus bisa melihat situasi dan kondisi yang terjadi pada organisasi yang
dipimpinnya. Selain itu seorang pemimpin juga harus bisa melakukan coaching
dan evaluasi terhadap anggota yang dipipinnya. Hal ini tentunya tidak lain
adalah untuk mencapai tujuan ang ditetapkan oleh orgnanisasi yang kita
pimpin. 4. Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal
baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik
terkait kemampuan Anda.
Kapan waktu kejadiannya? Masukan
atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda
rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut? Jawaban : Perkembangan
era digital saat ini sangat pesat. Perkembangan tersebut berdampak pada
sistem pendidikan Indonesia, dan guru harus mampu beradaptasi dengan
perkembangan tersebut. Hal ini memerlukan upaya strategis untuk meningkatkan
harga diri dan profesionalisme. Langkah strategis pengembangan diri dapat
dilakukan dengan mengikuti berbagai kompetisi dan pelatihan terkait bidang
studi masing-masing. Penjelasan: Saya sendiri
melakukan ini dengan mengikuti Olimpiade Guru Nasional (OGN) Kemendikbud 2019
dan pelatihan, seperti kegiatan pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) hingga
level 4. Menyelenggarakan hingga seminar internasional dan melatih lainnya
secara online melalui Portal Pertukaran Pendidikan Guru Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Kami menerima banyak masukan dan masukan dari
berbagai pengalaman selama mengikuti kompetisi dan kursus pelatihan di atas.
Misalnya, dalam kasus pembatik, I berkesempatan menjadi sahabat Rumah Belajar
Kemendikbud dengan mengikuti kegiatan hingga level 4 (terakhir). Pekerjaan
ini telah memberi saya banyak pengetahuan dan pengalaman baru dari para
profesional dan anggota lainnya. Seperti, pada ajang bergengsi yang digelar
di Kemendi Kubud OGN itu. Acara tersebut mendapatkan banyak pengalaman
berharga, mulai dari tahap seleksi di tingkat sekolah hingga tingkat nasional
di Senayan Jakarta. Kontes ini juga memberi kami 4.444 pengetahuan baru yang
belum pernah kami lihat sebelumnya. Ini adalah kebanggaan yang harus saya
pertahankan dan tingkatkan untuk suatu proses KBM di SD Kami. ·
Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik
tersebut untuk pengembangan diri Anda? Jawaban : Cara menyikapi masukan dan umpan balik Jangan terlalu bersikap defensif, langkah pertama
adalah harus menerima dengan terbuka. Cermati siapa yang memberikan dan inti atau isi
masukannya apa. Tentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya, jika
kritik tersebut memang obyektif sesuai dengan kenyataannya hal yang perlu
dilakukan adalah melakukan tindakan pengoreksian atau perubahan menjadi lebih
baik, namun jika bersifat subyektif atau berisi ujaran negatif saja dan tidak
sesuai dengan kenyataan maka tidak perlu dihiraukan anggap saja sebuah angin
lewat. Pembahasan Apa itu Kritik/masukan ? Kritik adalah proses analisis
dan evaluasi terhadap sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman,
memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan. Umpan balik adalah salah satu aspek komunikasi yang
harus dilakukan, baik oleh atasan ke bawahan ataupun sebaliknya. Umpan balik
atau feedback diperlukan untuk membantu kedua belah pihak memahami, apakah
pekerjaan yang dilakukan berhasil atau tidak. Masukan/kritik dan umpan balik ada yang bermuatan
negatif dan positif, kritik bersifat negatif itu meski terdapat pengoreksian
kesalahan namun warna penyampaiannya cenderung berisikan kata-kata yang
menjatuhkan dan menggunakan diksi pilihan kata yang negatif. Sedangkan kritik dan umpan balik yang positif adalah
pengoreksian kesalahan atau pemberian masukan dengan menggunakan kata-kata
yang lebih positif dan cenderung membangun. Tujuan dari adanya kritik dan umpan balik adalah supaya
dapat memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada orang lain atau orang lain
ke kita supaya subyek yang mendapatkan kritik atau masukan tersebut dapat
menjadi lebih berkembang dan lebih maju. namun kita tidak serta merta harus
menerima semua kritik atau masukkan kita harus menelaahnya terlebih dahulu
apakah kritik/masukan dan umpan balik tersebut sudah obyektif berdasarkan
masalah sebenarnya atau hanya berdasarkan subyektifitas karena tidak menyukai
subyek tersebut. kritik yang baik adalah meski berisi pengoreksian dan
menunjukkan kesalahan harus disampaikan dengan kata-kata yang baik dengan
memilih diksi yang tepat supaya tidak terjadi kesalahpahaman atau sakit hati.
sekaligus untuk menjadikan hasil yang baik. Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam
proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk
mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan
yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun
mendukung proses pembelajaran Anda? Jawaban : Memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses
pengembangan diri anda, hal berbeda apa yang anda lakukan untuk mendukung
proses pengembangan diri anda adalah Melakukan kegiatan sosial masyarakat Melakukan aktivitas diluar akademis seperti olahraga
atau yang lainnya Mengikuti seminar-seminar tentang pengembangan diri Menyalurkan atau mendalami bakat yang kita sukai Cara-cara di luar kebiasaan yang anda lakukan dimana
hal tersebut membuat anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran
anda Menentukan jadwal pembelajaran yang disiplin Melakukan pembelajaran dengan membaca banyak buku
literasi Melakukan latihan soal dengan menargetkan berapa soal
yang harus dikerjakan Penjelasan: Umpan balik ialah tentang memperoleh informasi tentang
kemampuan Anda melakukan sesuatu atau menjalankan keterampilan. Umpan balik
menerangkan apa yang kurang tepat dan apa yang berjalan dengan baik. Langkah
pertama adalah percobaan langsung, atau penerapan, yang menghasilkan apa yang
ingin Anda pelajari ke dalam suatu tindakan. Sebuah tujuan tidak akan
tercapai jika anda tidak memiliki motivasi. Dengan melakukan pengembangan
diri anda bisa mengetahui apa yang menjadi tujuan dalam hidup anda. Selain
itu akan lebih mudah bagi anda untuk mengetahui manfaat dari mengambil
tindakan untuk mencapai tujuan tersebut. Dengan mempelajari ilmu pengembangan diri, meskipun
anda menghadapi hal-hal yang tidak bisa anda nikmati, anda akan tetap
termotivasi untuk melakukannya. Hal ini disebabkan karena anda mengetahui
tujuan pasti dari tindakan yang akan anda lakukan tersebut. Intinya adalah dimana ada kemauan pasti ada jalan.
Ketika anda memiliki pengembangan diri yang kuat, maka anda juga akan
membangun keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan anda. Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang
Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda? Jawaban : Penjelasan: Dengan proses pembelajaran yang baik maka akan
berakibat pada hasil pekerjaan yang baik karena telah berbekal dengan adanya
kemampuan bekerja yang maksimal sehingga akan meningkatkan kualitas pekerjaan
dan akan menjadikannya bekerja mendapatkan kualitas yang baik. Dengan begitu
kita akan semakin semangat dalam melakukan pekerjaan yang ada. Sehingga
proses pembelajaran akan otomatis dilakukan pada penerapan bekerja namun jika
diterapkan maka akan sama saja tidak berakibat yang banyak maka diperlukan
suatu motivasi dalam diri sendiri juga walaupun sudah melakukan proses
belajar. agar siswajuga dapat memahami proses suatu pembelajaran
yang efiseien,menyenangkan,tidakjenuh,dan memberikan suatu reword dalam
setiap proses kbm. Saat ini perubahan zaman terus berkembang, Permasalahan
yang sering dihadapi oleh saya adalah kurangnya penguasaan materi
pembelajaran, saya kurang berinovasi dalam menyiapkan bahan ajar dan saya
kurang kreatif dalam mengkondisikan kegiatan belajar yang menarik bagi siswa,
sedangkan siswa pada zaman sekarang sudah semakin cerdas, saya merasa
kesulitan untuk beradaftasi dalam cara menghadapi siswa yang mempunyai sikap
dan perilaku yang berbeda dan cenderung lebih aktif dan kritisbahkan ada pula
siswa yang hiperaktif dibandingkan dengan siswa pada zaman dahulu, hal itu
dikarenakan juga siswa sudah mampu menggunakan handphone untuk mencari
informasi-informasi. Permasalahan yang terjadi meyebabkan kurang lancarnya
proses kegiatan belajar dan kurang menarik bagi siswa.Walopun saya mampu
menggunakan teknologi , namun saya terkadang malas dalam menyiapkan bahan
ajar dengan memanfaatkan teknologi tersebut.Contohnya adalah pada saat
penyampaian materi pembelajaran, siswa merasa bosan dan kurang responsif,
sehingga materi yang disampaikan tidak sampai dengan maksimal Upaya apa saja
yang Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif?
Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut
untuk membantu Anda menghadapinya?Upaya yang saya lakukan untuk memahami
situasi ini adalah saya harus mempunyai motivasi yang besar untuk
mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas saya sebagai guru, saya harus
memaksimalkan profesionalitas saya sebagai pendidik, karena disadari sebagai
guru tidak hanya cukup mentransfer ilmu saja, namun lebih dari itu saya harus
bisa mengarahkan dan membimbing siswa untuk memiliki moral yang baik dalam
menghadapi dampak negatif yang mungkin saja terjadi dari kemajuan zaman yang
akan datang.Peluang dan kesempatan untuk mengembangkan diri sangatlah besar
jika saya berusaha dengan sungguh-sungguh, dan perubahan itu akan terjadi
jika kita sendiri yang mau berubah melakukan inovasi baru. Upaya yang saya
lakukan juga adalah dengan memanfaatkan kewenangan sebagai petugas literasi
yang juga dituntut untuk rajin membaca dan mencari informasi melalui buku
maupun media elektronik tentang strategi pembelajaran yang sesuai diterapkan
dalam pembelajaran.Upaya saya juga dengan selalu mengikuti Bimtek-bimtek dan
webinar-webinar tentang strategi pembelajaran ataupun parenting tentang cara
menghadapi anak atau siswa. 5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan
terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas,
tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset
ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau
lainnya.
Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa
yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut? Jawaban : Yang memotivasi anda melakukan pengembangan tersebut
adalah sebagai berikut Karyawan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan
lebih baik. Karyawan lebih mampu memecahkan berbagai masalah dari
sebelumnya. Memberikan motivasi atau dorongan untuk terus
meningkatkan kinerja pegawai. Karyawan dapat meminimalkan frustrasi, konflik,
masalah, dan stres untuk membangun kepercayaan di kemudian hari. Berbagai informasi baru tentang program terkait
lapangan tersedia untuk digunakan dalam pengembangan keterampilan intelektual
dan teknis. Penjelasan: Belajar mengembangkan diri di usia muda adalah waktu
yang sangat baik. Karena di usia inilah kita perlu fokus untuk memutuskan
jenis karakter apa yang akan kita gunakan di masa depan. Di masa depan, ada
banyak peluang untuk menghambat tujuan hidup, sehingga akan lebih mudah untuk
mengembangkan potensi diri di usia muda untuk mencapai tujuan itu nanti. untuk
berinteraksi sesama guru dan bertukar ilmu dalam suatu proses kbm yang
maksimal dan efisien yang baik. Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan. Jawaban : Hal
yang menjadi fokus pengembangan adalah Hasil Belajar Siswa. Cara Saya
membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang Saya harapkan
adalah dengan meyakinkan Guru bahwa penting untuk mengetahui pola pikir
dominan siswa konvergen atau divergen, yaitu dengan menunjukkan hasil
penelitian yang relevan dari beberapa jurnal -digilib dari beberapa sekolah
daerah lain yang sudah melakukan riset ini sebelumnya. Kemudian saya meminta
izin kepada pihak sekolah untuk melakukan obsevasi awal dan menunjukkan hasil
dari obeservasi kepada Guru yang ingin saya ajak untuk bekerja sama tersebut
(Guru dari beberapa Sekolah Menangah Atas Negeri di Kecamatan Siak Hulu).
Memberikan draft Angket yang akan saya berikan sebagai alat ukur pada riset
ini untuk di pahami lebih lanjut oleh Guru. Memberikan pemahaman bahwa hal
yang Saya lakukan adalah riset ilmiah yang akan berguna untuk orang banyak
nantinya. Menyampaikan kepada guru tersebut bahwa riset yang saya lakukan
juga dapat diakses pada digilib Univeraitas yang bersangkutan untuk di akses
hasilnya kelak. Dukungan apa saja yang Anda berikan
bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda
mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan
motivasi orang tersebut? Jawaban : Saya
memberikan dukungan moril [moril/moril/amengenai moral:bantuan , bantuan yang
berupa sokongan batin (yang bukan berupa uang atau benda)|kbbi] kepada orang
sebagai objek yang saya kembangkan tersebut. Hambatan
apa yang Saya temui berupa kurangnya pemahaman obejek riset terhadap istilah
pola berpikir konvergen dan diferget. Sehingga saya sedikit bekerja ekstra
dalam memberi pemahaman yang berulang kali mengenai maksud dari pola berpikir
divergen dan konvergen ini serta pemaparan lanjutan seperti ciri-ciri nya
agar mudah terdetaksi. Hambatan lainnya adalah Lokasi Riset ini cukup luas
yaitu se-Kecamatan Siak Hulu. Sekolah Menengah Atas yang ada di Lokasi
penelitian memang belum terbilang banyak, namum jarak dari satu lokasi
penelitian ke lokasi penelitian lainnya cukup memakan waktu yang banyak. Pada
penelitian ini ditemukan 3 Sekolah Mengah Atas Negeri yang terdapat di lokasi
penelitian Kecamatan Siak Hulu ini. Letak geografis Kecamatan Siak Hulu yang
membentang horizontal menyebabkan lokasi sekolah satu dengan yang lainnya
terletak di masing-masing ujung batas Kecamatan ini (Siak Hulu). Sehingga
saya harus bergerak lebih pagi dari kebanyakan orang pada umumnya agar bisa
melakukan efesiensi waktu penelitian. Upaya-upaya yang Saya lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut adalah dengan selalu memberikan hasi terkirini dari perkembangan riset yang dilakukan. Menunjukkan setiap langakah yang akan dilakukan hari demi hari nya dan hasil yang ditunjukkan objek riset hariannya. Bagaimana hasilnya? Jawaban : Hasil penyajian dan analisis data
dengan mwnggunakan ANOVA (Analysis og Variance) one way, maka dapat di
simpulkan: Terdapat Pengaruh Pola Berpikir Konvergen dan Divergen terhdap
Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kecamatan Siak Hulu
Kabaupaten Kampar. Dengan nilai koefesien regresi sebesar 226,9. Dengan nilai
signifikansi sebesar 0,210, karena koefesien regresi mempunyai nilai positif
dan nilai signifikansi (p) kurang dari 0,05, maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan pentingnya
seorang guru mengetahui pola berpikir seorang siswa konvergen atau divergen
supaya guru dapat menentulan model pembelajaran yang tepat dan mendapatkan
hasil belajar yang baik dari siswa. |
Posting Komentar untuk "Jawaban Essay Nomor 1 s.d 16 Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022"