Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Essay Nomor 1 s.d 16 Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022

 

JAWABAN ESSAY  NOMOR 1 - 16 CALON GURU PENGGERAK TAHUN 2022 ANGKATAN 7

1.      Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak

a.       Apa yang memotivasi Anda menjadi Guru Penggerak? Apa yang Anda lakukan dalam mewujudkan motivasi tersebut?

 

Jawaban :

 

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta arus Informasi di generation Revolusi 4.zero atau sering disebut era virtual saat ini sangat pesat. Perkembangan ini mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk lembaga-lembaga sosial. Kemampuan dalam melakukan penyesuaian (adjustment) terhadap tuntutan generation digital menjadi tantangan besar. Pendidikan sebagai salah satu lembaga critical suatu bangsa harus melakukan perubahan progresif sesuai perkembangan zaman.b. Pendidikan diharapkan dapat mewujudkan cita-cita bangsa sesuai amanat Undang-Undang Dasar 1945 untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam UUD 1945 Pasal 31 Ayat 1-2 dan Pasal 32 secara tegas mengatur tentang pendidikan. Berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 bahwa pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agarpeserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan religious keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.c. Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu,cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.d. Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan di tengah perkembangan zaman yang semakin cutting-edge pada era virtual saat ini, peningkatan kompetensi guru harus terus diupayakan guna menghadirkan pembelajaran yang berkualitas. Dalam hal ini guru menjadi ujung tombak dalam mencapai tujuan pendidikan. Untuk itu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yakni kompetensi profesional, pedagogi, kepribadian, dan sosial, harus mampu diimplementasikan dalam lingkungan sekolah.e. Faktanya, tidak semua guru dapat menjalankan semua kompetensi secara proporsional. Keempat kompetensi yang mestinya harus dimiliki dan dijalankan namun berbanding terbalik dengan kondisi riil di lapangan saat ini. Tidak sedikit guru fokus mengajar atau menyampaikan materi pembelajaran namun mengabaikan kompetensi lainnya seperti kepribadian dan sosial. Sehingga guru terkesan bersikap acuh terhadap perkembangan era zaman.

 

Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

 

Jawaban :

 

Sebagai seorang guru, saya selalu berupaya untuk bertindak reflektif demi mengembangkan keprofesionalan secara kontinu/berkelanjutan, seperti mengikuti pendidikan dan pelatihan peningkatan kompetensi guru, mengikuti seminar, lokakarya, serta mengikuti Bimbingan dan Teknis yang berhubungan dengan bidang keilmuan saya. Hal ini saya lakukan sebagai salah satu cara untuk memenuhi standar kompetensi guru sesuai dengan tuntutan profesi dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Karena sejatinya meningkatkan kompetensi guru menjadi bagian penting yang harus dilakukan secara terus menerus berkelanjutan. Upaya yang saya lakukan ini selain bertujuan untuk meningkatkan kompetensi saya sendiri sebagai guru, namun juga yang paling utama adalah untuk bekal saya dalam mendidik agar menghasilkan perubahan yang nyata terhadap perilaku peserta didik seperti perubahan sikap (attitude) dan keterampilan (skill).

 

Selain upaya tersebut di atas, sebagai guru milenial saya cukup menguasai Teknologi Informasi dan Komunikasi yang selalu terus berkembang pesat. Hal ini penting, karena hampir di semua bidang telah dan bahkan wajib menggunakan teknologi, dan tentunya juga di bidang pendidikan. Internet of Things (IOT) sudah menjadi suatu yang lumrah dan wajar dalam pendidikan. Karenanya saya sebagai guru harus melek dengan perkembangan tersebut, jika saya tidak ingin ketinggalan perekembangan zaman. Kemampuan-kemampuan tersebut sangat diperlukan untuk menghadapi pendidikan keterampilan abad ke 21 dan pendidikan Era Revolusi Industri 4.0.

 

Kelebihan lain saya sebagai guru adalah saya cukup menguasai karakteristik peserta didik. Hal ini saya lakukan dengan cara menelusuri berbagai hal dari peserta didik, seperti dari aspek fisik, moral, spiritual, social, kultural, emosional, dan intelektual. Dengan demikian saya selalu berupaya menyesuaikan teknik pembelajaran yang saya terapkan dengan karakteristik peserta didik.

 

Karena saya cukup menguasai karakteritik peserta didik, maka secara tidak langsung saya juga cukup mampu menguasai kelas dalam pembelajaran yang saya ampu.

 

Terakhir, 2 faktor pendukung lainnya saya sebagai calon guru penggerak adalah karena adanya sarana dan prasarana cukup memadai, serta pada tahun 2019 saya adalah salah seorang yang terpilih sebagai Runner up Guru Berprestasi dan Berdedikasi di sekolah saya.

 

Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

 

Jawaban :

 

ada awal tahun 2021 saya pernah menerapkan Pembelajaran Berbasis Android dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia di Playstore melalui pendekatan pembelajaran sistem STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Pembelajaran sistem STEM yaitu pendekatan pembelajaran yang menghubungkan keilmuan, teknologi, rekayasa, dan matematika ke dalam proses pembelajaran menjadi satu kesatuan secara utuh dan saling terkait. Melalui STEM ini, peserta didik dituntun menjadi pemecah masalah, penemu, innovator, membangun kemandirian, berpikir logis, melek teknologi, dan mampu menghubungkan pendidikan STEM dengan dunia kerjanya (sanders, 2009).

Ide saya tersebut saya realisasikan dalam kegiatan pembelajaran kemudian saya tuangkan dalam bentuk karya tulis (Best Practice) yang saya beri judul Penerapan Pendekatan Pembelajaran STEM Dalam Praktik Pengukuran Lahan Berbasis Smartphone Pada Mata Pelajaran Produktif.

Ide tersebut saya realisasikan dengan berbagai pertimbangan, seperti daya dukung yang tersedia, yaitu :

1. SMK-SPP Negeri 3 Kerinci merupakan SMK bidang Agribisnis yang memiliki lahan yang cukup luas yaitu 22 hektar (lahan praktik dan lahan bangunan). Selama ini dalam kegiatan praktik melakukan pengukuran lahan selalu dilakukan secara konvensional dengan menggunakan meteran. Hasilnya memang lebih akurat, tetapi kurang efektif dan efisien karena bentuk lahan yang tidak beraturan dan terbatasnya waktu praktik pembelajaran.

2. Saya melihat hampir semua peserta didik memiliki dan mampu menggunakan telepon genggam berbasis android (Smartphone).

Keadaan ini saya manfaatkan untuk menuangkan ide kepada peserta didik sebagai salah satu upaya dalam menyongsong Era Revolusi Industri 4.0, yaitu menerapkan teknologi pengukuran lahan dengan menggunakan aplikasi di smartphone seperti Calculator Area, GPS Fields Area Measure, dll.

Dengan ide yang saya realisasikan tersebut ternyata mampu memberikan manfaat bagi saya sendiri/guru, bagi peserta didik, bagi sekolah, serta bagi masyarakat.

Manfaat bagi guru (saya) :

a. Pengalaman baru bagi guru dalam menerapkan pendekatan pembelajaran STEM;

b. Guru dapat menemukan keunikan dalam diri peserta didik;

c. Guru bisa berinteraksi yang lebih intens dengan peserta didik;

d. Guru lebih berperan sebagai fasilitator

Manfaat bagi peserta didik :

a. Meningkatkan motivasi belajar peserta didik;

b. Meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik melalui integrasi 4 disiplin ilmu (STEM);

c. Membuat peserta didik lebih aktif dan berhasil memecahkan problem-problem yang komplek;

d. Meingkatkan kreativitas peserta didik

e. Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menggunakan teknologi baru, memahami proses dan cara kerjanya.

Manfaat bagi sekolah :

a. Pemanfaatan sumber daya yang ada di sekolah;

b. Mendukung kegiatan praktik mata pelajaran produktif di sekolah.

Manfaat bagi masyarakat

a. Dengan mensosialisasikan kepada masyarakat akan mempermudah masyarakat dalam mengukur luas lahannya sendiri secara cepat dengan menggunakan aplikasi di smartphone.

Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.

 

2.      Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.

 

·         Kapan waktu kejadiannya? Situasi apa yang Anda hadapi saat itu? Pihak mana saja yang Anda minta untuk bekerja sama dan mengapa? Gambarkan secara jelas!

 

Jawaban :

 

Berinteraksi dengan orang lain terkadang dapat menjadi sebuah tantangan. Ceritakan kesulitan yang Anda alami saat bekerja sama dengan pihak lain (misalnya rekan sejawat, pimpinan di sekolah, orangtua, wali murid, keluarga, komunitas, perangkat desa, tokoh masyarakat, pemuka agama, instansi, maupun lainnya) guna menimbulkan kesadaran dan kesediaan agar mereka berkomitmen membantu Anda mencapai tujuan bersama.

dapat menceritakan secara jelas pengalaman mengikuti kompetisi (sebutkan nama dan jenis kompetisi) dan apa saja umpan balik yang didapatkan seperti komentar, saran, masukan, maupun perbaikan yang didapatkan selama mengikuti kegiatan.

Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

Kegiatan-kegiatan yang diikuti dan umpan balik seperti komentar, saran, masukan, maupun perbaikan yang didapatkan selama mengikuti kegiatan harus disikapi dengan bijak dan dewasa.

 

·         Kesulitan apa saja yang Anda hadapi saat bekerja sama? Adakah penolakan ataupun kegagalan yang Anda hadapi dalam situasi tersebut? Bagaimana respon Anda dalam situasi tersebut? Upaya apa yang Anda lakukan untuk tetap fokus mencapai tujuan yang telah direncanakan?

 

Jawaban

 

Kesulitan untuk melakukan bekerjasama terkadang partner yang kita ajak untuk bekerja sama tidak sejalan dalam arti tidak sepaham dengan apa yang kita pikirkan untuk mencapai tujuan secara bersama. Kesulitannya antara lain sulit menyatukan pendapat meskipun hal itu merupakan hal yang biasa jika terjadi perbedaan pendapat, asalkan dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat. Jika sudah melalui musyawarah, maka kerjasama akan lebih mudah dan lebih lapang dalam mencapai tujuan.

Penjelasan:

Bekerja sama sangat penting dalam mencapai tujuan jika tujuan tersebut untuk kepentingan bersama, bukan tujuan yang ingin diraih individu. Dengan bekerja sama, maka tujuan dapat lebih mudah dicapai karena yang menjalankan dan memikirkan ada lebih dari satu orang. Meskipun demikian, kerjasama pun pasti menemukan tantangan karena menyatukan visi 2 orang atau lebih. Namun yang pasti, kerjasama akan menghasilkan suatu tujuan secara bersama.

dan timework bagi suatu tim sangatlah penting agar meraih suatu apa hal yang kita inginkan.

Kesulitannya antara lain sulit menyatukan pendapat meskipun hal itu merupakan hal yang biasa jika terjadi perbedaan pendapat, asalkan dapat diselesaikan secara musyawarah mufakat. Jika sudah melalui musyawarah, maka kerjasama akan lebih mudah dan lebih lapang dalam mencapai tujuan.

Penjelasan:

Bekerja sama sangat penting dalam mencapai tujuan jika tujuan tersebut untuk kepentingan bersama, bukan tujuan yang ingin diraih individu. Dengan bekerja sama, maka tujuan dapat lebih mudah dicapai karena yang menjalankan dan memikirkan ada lebih dari satu orang. Meskipun demikian, kerjasama pun pasti menemukan tantangan karena menyatukan visi 2 orang atau lebih. Namun yang pasti, kerjasama akan menghasilkan sesuatu yang kita tuju.

 

·         Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?

 

Jawaban

 

komitmen untuk mencapai tujuan bersama disini kita harus memberikan pemahaman bahwa untuk mencapai tujuan bersama dan jangan ada rasa individualisme atau pemikiran secara individual. agar lebih tercapainya suatu tujuan yang apa kita inginkan dalam bekerjasama.

dan kita harus berinteraksi agar selaras dengan pola pikir pihak bekerjasama, Di dalam bisnis pasti kita memerlukan kerja sama antar patnerbisnis untuk terus mempertahankan dan mengembangkan usaha serta memeperoleh keuntungan. Beberapa upaya yang dapat saya lakukan adalah memberikan beberapa penawaran dimana penawaran tersebut selain menguntungkan saya, tetapi juga menguntungkan patnerbisnis, sehingga hal ini dapat memberikan manfaat untuk kedua belah pihak dan dapat terus bekerja sama. Upaya lainnya adalah menjaga hubungan baik antar patner bisnis, hal ini bertujuan untuk membangun relasi yang adapat menjadikan dan membentuk word of mouth yang baik dan citra yang baik pula.

Menciptakan komunikasi yang lancar

Menjalin hubungan yang baik

Membangun rasa percaya

Membangun rasa kepemilikan dan komitmen

Olahraga dan hangout bersama

Apresiasi dengan reward dan event

Memberikan tujuan dan aturan yang jelas

Memperjelas peran dari masing-masing karyawan dan alur kerja

Menghargai

Berikan contoh yang baik

Sosialisasi Dorong

Izinkan anggota tim aktif mengambil bagian dalam pengambilan keputusan

Upaya yang saya lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak (dalam kasus ini orang tua) untuk bekerja sama yaitu membuat surat perjanjian di atas matrai 6000 (saat itu matrai 10000 belum terbit) yang menyatakan bahwa orang tua bersedia jika anak nya akan tinggal kelas jika tidak melakukan pembelajaran daring dengan semestinya. Disamping mebuat surat perjanjian yang ditanda tangai oleh orang tua di atas matrai, saya menyampaikan kepada peserta didik (waktu kejadian kasus diatas) untuk menemui langsung guru-guru mata pelajaran yang memiliki masalah dalam pembelajarannya atas izin orang tua dari peserta didik tersebut (mengingat situasi covid-19) agar peserta didik tersebut dapat meminta tugas yang tertinggal atau terbengkalai. Kemudian saya melakukan pengecekan rutin kepada orang tua mengenai kegiatan belajar peserta didik di rumah selama pembelajaran daring. Dalam kasus lain, hal yang sama dapat dilakukan. Membuat surat perjanjian kerjasama yang disepakati masing-masing pihak yang diajak bekerja sama. Surat perjanjian ini selain sebagai bukti bahwa pihak-pihak tersebut bersedia melaksanakan segala sesuatu dan diajak bekerja sama, apabila terjadi hal-hal yang tidak dinginkan atau diluar hal yang telah disepakati bersama, maka bisa dibawa sesuai jalurnya untuk dapat ditindaklanjuti. Hal ini sangat lumrah memiliki bukti akan sesuatu, bahkan dalam Al-Quran di jelaskan QS. al-Baqarah ayat 282-283 menjelaskan tentang perintah menuliskanutang piutangyang disebut (al-mudayanah) serta anjuran mempersaksikannya dan menjelaskan syarat yang harus dimiliki oleh juru tulis. Maslah ke-2 tidak terselesaikan. Hasil dari orang tua I memutuskan untuk membelikan I handphone baru untuk I sendiri. Namun kendala pembelajaran Daring oleh I tetap bermasalah. Sehingga pihak sekokah kembaki memanggil orang tua I, namun kerjasama selanjutnya dilakukan oleh BK dan orang tua I. Setelah pertemuan orang tua I (kali ini ayah I) dan pihak BK sekolah, kembali membuat surat perjanjian tingkat atas. Hasil maaih sama samlai pembeljaran Tatap Muka Terbatas berlangsung (di semester 2 sekolah kami mendapat izin untuk melakukan Tatap Muka Terbatas).

Pada 17 Februari 2021, 9:15 WIB saya melakukan panggilan telepon kepada orang tua I (saya memiliki nomor telepon Ayah I)

I masih sering Alfa, dari penuturan ayah I hari itu I kesekolah menggunakan baju sekolah. Tetapi saya menelpon dan I tidak tiba di sekolah. Kemudian pada 18 Februari 2021, 8:26 Wib melalui nomor I saya mendapat pesan berikut Assalamualaikum buk, saya wali murid dari Irvan Effendi hari ini irvan tidak dpt mengikuti pelajaran hari ini dikarenakan sakit, terimakasih buk. Sampai saat ini saya belum melakukan pengecekan kembali terhadap I maupun konfirmasi kerjasama orangtua I terhadap pihak sekolah setelah kerjasamanya dengan BK. Karena saat ini pembelajaran Daring kembali berlangsung sebab Kelas XII memiliki rangkaian Ujian dan saya belum mendapat laporan dari guru mapel mengenai I ini.

 

Bagaimana hasilnya?

 

Jawaban

 

hasilnya sangat memuaskan apabila kita sepaham dengan orang yang kita ajak bekerjasama antara lain satu tujuan yang memang bermanfaat.

Pada bagian ini calon guru penggerak harus menjelaskan hasil dari dukungan yang diberikan selama melakukan upaya pengembangan terhadap orang lain. Anda dapat menceritakan dengan sederahana dan apa adanya tentang hasil yang diperoleh. Sebagai contoh, setelah memberikan dukungan moril dan materil para peserta bimbingan semakin semangat dan antusias mengikuti kegiatan pelatihan atau lainnya

 

3. Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda.

Top of Form

Kapan waktu kejadiannya? Permasalahan, tantangan, atau kompleksitas apa yang Anda hadapi saat itu? Gambarkan secara jelas!

 

Jawaban :

 

Pencapaian tujuan bersama membutuhkan komitmen bersama melalui komunikasi yang intensif. Nyatanya, menjalin komunikasi satu arah yang efektif tidak semudah yang Anda bayangkan. Hal ini membutuhkan pendekatan yang sama dan pemahaman yang sama tentang tujuan yang ingin dicapai.

Misalnya, ketika saya ditunjuk oleh kepala sekolah sebagai koordinator ujian untuk kegiatan evaluasi kinerja (evakin) pada Oktober 2021, tepatnya pada Oktober 2021, penulis sebenarnya adalah seorang guru PNS ketika saya berusia.

Penjelasan dengan langkah-langkah:

 

Hal ini membutuhkan pendekatan yang sama dan pemahaman yang sama tentang tujuan yang ingin dicapai. Membangun komunikasi, termasuk pengalaman saya sendiri, pasti menghadirkan kesulitan. Saya mengalami sedikit kesulitan mengelola anggota yang ada. saya untuk sementara waktu. Beberapa guru tampak acuh tak acuh terhadap penyesuaian saya. Hal ini cenderung mengganggu proses penyiapan dan pengumpulan data dari hasil penilaian sebagai bahan evakin Kepala Sekolah 2021. Meski demikian, berbagai upaya tetap dilakukan guna optimalisasi persiapan evakin itu sendiri.

 

Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda menghadapinya?

 

Jawaban :

 

Memahami situasi secara komprehensif bagi para siswa sekolah atau remaja memang tidak mudah. Untuk melakukan suatu upaya menuju kearah pemahaman tersebut dibutuhkan kematangan berpikir dan kematangan emosi. Dua hal ini hanya bisa dicapai dengan pengalaman sendiri atau lebih baik lagi, belajar dari pengalaman dari orang lain. Disamping itu, juga diperlukan sesuatu yang bisa menciptakan keseimbangan pemikiran untuk menimbang hal positif dan negatifnya. Hal yang paling mungkin bisa dilakukan untuk siswa sekolah menengah adalah berkonsultasi kepada sosok yang lebih tua dan bijak, yaitu orang tua atau guru bimbingan konseling mengingat remaja umumnya masih labil secara emosi dan mudah terkena peer pressure dari teman-teman sebayanya.

 

Penjelasan:

Pemahaman situasi secara komprehensif atau mendalam hampir tidak mungkin dilakukan oleh para remaja sendiri tanpa bantuan sosok yang lebih tua dan bijak. Lain halnya dengan orang dewasa yang lebih mungkin melakukannya. Seandainya isu harus dihadapi secara mandiri, maka berikut ini adalah sejumlah hal yang bisa dilakukan:

 

Tidak langsung mengambil keputusan di saat itu juga, luangkan waktu untuk mempertimbangkan, apapun kondisinya bahkan saat didesak sekalipun. Berusaha mengambil kontrol dalam situasi tersebut, bukan terbawa situasi.

Menganalisa situasi tersebut secara obyektif, cari hal-hal positif dan negatif dari setiap keputusan yang akan kita ambil plus mencari referensi atau data yang sesuai dan bijak memilih informasi.

Simulasikan kemungkinan keputusan yang diambil dengan apa yang mungkin terjadi bagi diri sendiri ataupun pihak lain yang terlibat.

Mengetahui keterbatasan diri kita, hal inilah yang paling sulit dilakukan karena membutuhkan obyektifitas dalam berpikir

Konsultasikan kepada orang tua atau guru BK secara detil terhadap berbagai skenario yang ada sebelum mengambil keputusan.

Ambil keputusan secara bijak dan tidak berganti keputusan di tengah jalan. Konsisten dengan pilihan yang diambil.

Jangan takut dicela atau bahkan dirundung teman sebaya atau orang lain karena dianggap terlalu rumit berpikir, ribet, atau lama mengambil keputusan, kuno, tidak keren atau sejenisnya. Berani menjadi berbeda dari kebanyakan orang, dan selama kita konsisten dengan tindakan serta keputusan kita orang lain akan segan dan menghormati pada akhirnya. Ingat, keputusan yang bijak setidaknya menghindari petaka, atau bahkan akan mendorong munculnya kebaikan dan keberuntungan.

 

Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?

 

Jawaban :

Bottom of Form

1. Pertimbangan yang harus dihadirkan sebelum diambil keputusan adalah:

 

Dampak yang akan ditimbulkan dari keputusan yang akan kita ambil. Apakh positif atau negatif.

Dampak yang akan muncul jika kita tidak mengambil keputusan.

Batasan waktu yang kita miliki untuk mengambil keputusan tersebut.

2. Informasi yang dibutuhkan yaitu:

 

Mempelajari situasi atau masalah secara terperinci.

Mengumpulkan berbagai informasi terkait keputusan yang akan diambil.

Siapa saja yang akan terdampak dengan keputusan yang akan kita ambil.

Membuat beberapa altrenatif.

Mengidentifikasi risiko yang akan timbul dari berbagai alterfnatif tersebut.

Melakukan evaluasi dari beberapa risiko yang mungkin muncul sebelum diambil sebuah keputusan.

Pembahasan

Di dalam kehidupan sehari-hari maka kita tidak bisa dihindarkan dari yang namanya mengambil sebuah keputusan. Siapapun dan dimanapun setiap orang pasti harus mengambil keputusan. Sebagai contoh ketika bangun pagi kita dihadapkan harus mengambil keputusan apakah harus mandi dahulu atau sarapan terlebih dahulu, kemudian hari ini kita akan memakai baju yang bagaimana, itupun merupakan proses pengambilan sebuah keputusanara sederhana.

 

Ketika di dunia pekerjaan atau di pemerintahan maka seorang pejabat dibutuhkan untuk memiliki sebuah keterampilan dalam pengambilan keputusan. Karena memang tugas ketua, petinggi atau pejabat lah yang dapat mengambil sebuah keputusan. Maka dalam pengambilan keputusan tersebut diperlukan berbagai pertimbangan dan informasi untuk mendukung keputusan tersebut sebagaimana disebutkan di atas.

 

Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?

 

Jawaban :

 

Di dalam sebuah organisasi maka setiap orang berperan penting dalam menjalankan setiap tugasnya dan bisa saling mendukung satu dengan yang lainnya. Beberapa bulan terakhir ini pekerjaan di bagian divisi kami selalu saja tidakmencapai target dan seringkali terjadi bottleneck (hambatan). Setelah ditelurusi ternyata ada salah satu pekerja yang bisa dikatakan tidak menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sehingga mengganggu pekerjaan rekan kerja lainnya. Maka keputusan strategis yang penulis ambil adalah dengan cara memindahkan pekerja tersebut dan menggantinya dengan yang lebih berkompeten. Tentunya hal ini setelah melalui proses coaching dan interview pekrja tersebut.

 

Mengapa penulis memutuskan untuk melakukan tindakan tersebut? Karena hal tersebut sangat penting demi kelancaran pekerjaan sebuah tim, bisa dikatakan lebih baik mengganti seseorang daripada mempertahankan akan tetapi merusak kondisi sebuah tim.

 

Bagaimana melakukan eksekusi tersebut?

 

Tentunya sebelum memutuskan untuk memindahkan dan mengganti pekerja tadi, kami sudah melakukan wawancara dengan pekerja tersebut dan memberikan kesempatan kepada dia untuk lebih meningkatkan kinerjanya, akan tetapi hasil evaluasinya masih tetap menunjukkan tidak adanya perubahan, sehingga mau tidak mau keputusan yang diambil adalah memindahkannya dan menganti dengan orang lain.

 

Hambatan dan hasil yang diperoleh.

 

Hambatannya adalah ada rasa tidak enak ketka harus mengambil keputusan tersebu, namun dengan berbicar dari hati ke hati maka pekerja tersebut pun dapat menerimanya. Kemudian orang yang baru pun harus segera di training dengan cepat karena harus seger berbaur dengan tim lainnya.

 

Hasil yang diperoleh.

 

Hasilnya sangat memuaskan, tim kami menjadi lebih baik lagi dan tercapai sema target. Pekerja yang dipindahkan pun dapat berkembang di posisi barunya.

 

Pembahasan

Seorang pemimpin, harus bisa melihat situasi dan kondisi yang terjadi pada organisasi yang dipimpinnya. Selain itu seorang pemimpin juga harus bisa melakukan coaching dan evaluasi terhadap anggota yang dipipinnya. Hal ini tentunya tidak lain adalah untuk mencapai tujuan ang ditetapkan oleh orgnanisasi yang kita pimpin.

 

4. Perkembangan menuntut kita untuk terus belajar hal-hal baru. Ceritakan pengalaman Anda saat mendapatkan masukan atau umpan balik terkait kemampuan Anda.

Top of Form

Kapan waktu kejadiannya? Masukan atau umpan balik apa yang secara spesifik Anda dapatkan? Apa yang Anda rasakan saat menerima masukan atau umpan balik tersebut?

 

Jawaban :

 

Perkembangan era digital saat ini sangat pesat. Perkembangan tersebut berdampak pada sistem pendidikan Indonesia, dan guru harus mampu beradaptasi dengan perkembangan tersebut. Hal ini memerlukan upaya strategis untuk meningkatkan harga diri dan profesionalisme. Langkah strategis pengembangan diri dapat dilakukan dengan mengikuti berbagai kompetisi dan pelatihan terkait bidang studi masing-masing.

Penjelasan:

 

Saya sendiri melakukan ini dengan mengikuti Olimpiade Guru Nasional (OGN) Kemendikbud 2019 dan pelatihan, seperti kegiatan pembelajaran berbasis TIK (PembaTIK) hingga level 4. Menyelenggarakan hingga seminar internasional dan melatih lainnya secara online melalui Portal Pertukaran Pendidikan Guru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kami menerima banyak masukan dan masukan dari berbagai pengalaman selama mengikuti kompetisi dan kursus pelatihan di atas. Misalnya, dalam kasus pembatik, I berkesempatan menjadi sahabat Rumah Belajar Kemendikbud dengan mengikuti kegiatan hingga level 4 (terakhir). Pekerjaan ini telah memberi saya banyak pengetahuan dan pengalaman baru dari para profesional dan anggota lainnya. Seperti, pada ajang bergengsi yang digelar di Kemendi Kubud OGN itu. Acara tersebut mendapatkan banyak pengalaman berharga, mulai dari tahap seleksi di tingkat sekolah hingga tingkat nasional di Senayan Jakarta. Kontes ini juga memberi kami 4.444 pengetahuan baru yang belum pernah kami lihat sebelumnya. Ini adalah kebanggaan yang harus saya pertahankan dan tingkatkan untuk suatu proses KBM di SD Kami.

 

·         Bagaimana cara Anda menyikapi masukan dan umpan balik tersebut untuk pengembangan diri Anda?

 

Jawaban :

 

Cara menyikapi masukan dan umpan balik

Jangan terlalu bersikap defensif, langkah pertama adalah harus menerima dengan terbuka.

Cermati siapa yang memberikan dan inti atau isi masukannya apa.

Tentukan apa yang akan dilakukan selanjutnya, jika kritik tersebut memang obyektif sesuai dengan kenyataannya hal yang perlu dilakukan adalah melakukan tindakan pengoreksian atau perubahan menjadi lebih baik, namun jika bersifat subyektif atau berisi ujaran negatif saja dan tidak sesuai dengan kenyataan maka tidak perlu dihiraukan anggap saja sebuah angin lewat.

Pembahasan

Apa itu Kritik/masukan ? Kritik adalah proses analisis dan evaluasi terhadap sesuatu dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman, memperluas apresiasi, atau membantu memperbaiki pekerjaan.

 

Umpan balik adalah salah satu aspek komunikasi yang harus dilakukan, baik oleh atasan ke bawahan ataupun sebaliknya. Umpan balik atau feedback diperlukan untuk membantu kedua belah pihak memahami, apakah pekerjaan yang dilakukan berhasil atau tidak.

 

Masukan/kritik dan umpan balik ada yang bermuatan negatif dan positif, kritik bersifat negatif itu meski terdapat pengoreksian kesalahan namun warna penyampaiannya cenderung berisikan kata-kata yang menjatuhkan dan menggunakan diksi pilihan kata yang negatif.

 

Sedangkan kritik dan umpan balik yang positif adalah pengoreksian kesalahan atau pemberian masukan dengan menggunakan kata-kata yang lebih positif dan cenderung membangun.

 

Tujuan dari adanya kritik dan umpan balik adalah supaya dapat memberikan pertimbangan-pertimbangan kepada orang lain atau orang lain ke kita supaya subyek yang mendapatkan kritik atau masukan tersebut dapat menjadi lebih berkembang dan lebih maju. namun kita tidak serta merta harus menerima semua kritik atau masukkan kita harus menelaahnya terlebih dahulu apakah kritik/masukan dan umpan balik tersebut sudah obyektif berdasarkan masalah sebenarnya atau hanya berdasarkan subyektifitas karena tidak menyukai subyek tersebut. kritik yang baik adalah meski berisi pengoreksian dan menunjukkan kesalahan harus disampaikan dengan kata-kata yang baik dengan memilih diksi yang tepat supaya tidak terjadi kesalahpahaman atau sakit hati. sekaligus untuk menjadikan hasil yang baik.

 

Selain memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri Anda, Hal berbeda apa yang Anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri Anda? Adakah cara-cara di luar kebiasaan yang Anda lakukan dimana hal tersebut membuat Anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran Anda?

 

Jawaban :

 

Memanfaatkan masukan dan umpan balik dalam proses pengembangan diri anda, hal berbeda apa yang anda lakukan untuk mendukung proses pengembangan diri anda adalah

 

Melakukan kegiatan sosial masyarakat

Melakukan aktivitas diluar akademis seperti olahraga atau yang lainnya

Mengikuti seminar-seminar tentang pengembangan diri

Menyalurkan atau mendalami bakat yang kita sukai

Cara-cara di luar kebiasaan yang anda lakukan dimana hal tersebut membuat anda kurang nyaman namun mendukung proses pembelajaran anda

 

Menentukan jadwal pembelajaran yang disiplin

Melakukan pembelajaran dengan membaca banyak buku literasi

Melakukan latihan soal dengan menargetkan berapa soal yang harus dikerjakan

Penjelasan:

Umpan balik ialah tentang memperoleh informasi tentang kemampuan Anda melakukan sesuatu atau menjalankan keterampilan. Umpan balik menerangkan apa yang kurang tepat dan apa yang berjalan dengan baik. Langkah pertama adalah percobaan langsung, atau penerapan, yang menghasilkan apa yang ingin Anda pelajari ke dalam suatu tindakan. Sebuah tujuan tidak akan tercapai jika anda tidak memiliki motivasi. Dengan melakukan pengembangan diri anda bisa mengetahui apa yang menjadi tujuan dalam hidup anda. Selain itu akan lebih mudah bagi anda untuk mengetahui manfaat dari mengambil tindakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan mempelajari ilmu pengembangan diri, meskipun anda menghadapi hal-hal yang tidak bisa anda nikmati, anda akan tetap termotivasi untuk melakukannya. Hal ini disebabkan karena anda mengetahui tujuan pasti dari tindakan yang akan anda lakukan tersebut.

Intinya adalah dimana ada kemauan pasti ada jalan. Ketika anda memiliki pengembangan diri yang kuat, maka anda juga akan membangun keinginan yang kuat untuk mencapai tujuan anda.

 

Bagaimana aplikasi hasil proses pembelajaran yang Anda sebutkan di dalam pekerjaan Anda?

 

Jawaban :

 

Penjelasan:

Dengan proses pembelajaran yang baik maka akan berakibat pada hasil pekerjaan yang baik karena telah berbekal dengan adanya kemampuan bekerja yang maksimal sehingga akan meningkatkan kualitas pekerjaan dan akan menjadikannya bekerja mendapatkan kualitas yang baik. Dengan begitu kita akan semakin semangat dalam melakukan pekerjaan yang ada. Sehingga proses pembelajaran akan otomatis dilakukan pada penerapan bekerja namun jika diterapkan maka akan sama saja tidak berakibat yang banyak maka diperlukan suatu motivasi dalam diri sendiri juga walaupun sudah melakukan proses belajar.

agar siswajuga dapat memahami proses suatu pembelajaran yang efiseien,menyenangkan,tidakjenuh,dan memberikan suatu reword dalam setiap proses kbm. Saat ini perubahan zaman terus berkembang, Permasalahan yang sering dihadapi oleh saya adalah kurangnya penguasaan materi pembelajaran, saya kurang berinovasi dalam menyiapkan bahan ajar dan saya kurang kreatif dalam mengkondisikan kegiatan belajar yang menarik bagi siswa, sedangkan siswa pada zaman sekarang sudah semakin cerdas, saya merasa kesulitan untuk beradaftasi dalam cara menghadapi siswa yang mempunyai sikap dan perilaku yang berbeda dan cenderung lebih aktif dan kritisbahkan ada pula siswa yang hiperaktif dibandingkan dengan siswa pada zaman dahulu, hal itu dikarenakan juga siswa sudah mampu menggunakan handphone untuk mencari informasi-informasi. Permasalahan yang terjadi meyebabkan kurang lancarnya proses kegiatan belajar dan kurang menarik bagi siswa.Walopun saya mampu menggunakan teknologi , namun saya terkadang malas dalam menyiapkan bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi tersebut.Contohnya adalah pada saat penyampaian materi pembelajaran, siswa merasa bosan dan kurang responsif, sehingga materi yang disampaikan tidak sampai dengan maksimal Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk memahami situasi tersebut secara komprehensif? Peluang dan kesempatan apa saja yang Anda identifikasi dalam situasi tersebut untuk membantu Anda menghadapinya?Upaya yang saya lakukan untuk memahami situasi ini adalah saya harus mempunyai motivasi yang besar untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas saya sebagai guru, saya harus memaksimalkan profesionalitas saya sebagai pendidik, karena disadari sebagai guru tidak hanya cukup mentransfer ilmu saja, namun lebih dari itu saya harus bisa mengarahkan dan membimbing siswa untuk memiliki moral yang baik dalam menghadapi dampak negatif yang mungkin saja terjadi dari kemajuan zaman yang akan datang.Peluang dan kesempatan untuk mengembangkan diri sangatlah besar jika saya berusaha dengan sungguh-sungguh, dan perubahan itu akan terjadi jika kita sendiri yang mau berubah melakukan inovasi baru. Upaya yang saya lakukan juga adalah dengan memanfaatkan kewenangan sebagai petugas literasi yang juga dituntut untuk rajin membaca dan mencari informasi melalui buku maupun media elektronik tentang strategi pembelajaran yang sesuai diterapkan dalam pembelajaran.Upaya saya juga dengan selalu mengikuti Bimtek-bimtek dan webinar-webinar tentang strategi pembelajaran ataupun parenting tentang cara menghadapi anak atau siswa.

 

5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.

 

Top of Form

Kapan waktu kejadiannya? Siapa yang Anda kembangkan? Apa yang memotivasi Anda melakukan pengembangan tersebut?

 

Jawaban :

 

Yang memotivasi anda melakukan pengembangan tersebut adalah sebagai berikut

 

Karyawan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan lebih baik.

Karyawan lebih mampu memecahkan berbagai masalah dari sebelumnya.

Memberikan motivasi atau dorongan untuk terus meningkatkan kinerja pegawai.

Karyawan dapat meminimalkan frustrasi, konflik, masalah, dan stres untuk membangun kepercayaan di kemudian hari.

Berbagai informasi baru tentang program terkait lapangan tersedia untuk digunakan dalam pengembangan keterampilan intelektual dan teknis.

Penjelasan:

 

Belajar mengembangkan diri di usia muda adalah waktu yang sangat baik. Karena di usia inilah kita perlu fokus untuk memutuskan jenis karakter apa yang akan kita gunakan di masa depan. Di masa depan, ada banyak peluang untuk menghambat tujuan hidup, sehingga akan lebih mudah untuk mengembangkan potensi diri di usia muda untuk mencapai tujuan itu nanti. untuk berinteraksi sesama guru dan bertukar ilmu dalam suatu proses kbm yang maksimal dan efisien yang baik.

 

Hal apa yang menjadi fokus pengembangan? Ceritakan pula cara Anda membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang diharapkan.Bottom of Form

 

 

Jawaban :

 

Hal yang menjadi fokus pengembangan adalah Hasil Belajar Siswa. Cara Saya membangun kesepakatan guna mencapai hasil pengembangan yang Saya harapkan adalah dengan meyakinkan Guru bahwa penting untuk mengetahui pola pikir dominan siswa konvergen atau divergen, yaitu dengan menunjukkan hasil penelitian yang relevan dari beberapa jurnal -digilib dari beberapa sekolah daerah lain yang sudah melakukan riset ini sebelumnya. Kemudian saya meminta izin kepada pihak sekolah untuk melakukan obsevasi awal dan menunjukkan hasil dari obeservasi kepada Guru yang ingin saya ajak untuk bekerja sama tersebut (Guru dari beberapa Sekolah Menangah Atas Negeri di Kecamatan Siak Hulu). Memberikan draft Angket yang akan saya berikan sebagai alat ukur pada riset ini untuk di pahami lebih lanjut oleh Guru. Memberikan pemahaman bahwa hal yang Saya lakukan adalah riset ilmiah yang akan berguna untuk orang banyak nantinya. Menyampaikan kepada guru tersebut bahwa riset yang saya lakukan juga dapat diakses pada digilib Univeraitas yang bersangkutan untuk di akses hasilnya kelak.

 

Dukungan apa saja yang Anda berikan bagi orang tersebut? Hambatan apa yang Anda temui dan bagaimana cara Anda mengatasinya? Upaya-upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut?

 

Jawaban :

 

Saya memberikan dukungan moril [moril/moril/amengenai moral:bantuan , bantuan yang berupa sokongan batin (yang bukan berupa uang atau benda)|kbbi] kepada orang sebagai objek yang saya kembangkan tersebut.

Hambatan apa yang Saya temui berupa kurangnya pemahaman obejek riset terhadap istilah pola berpikir konvergen dan diferget. Sehingga saya sedikit bekerja ekstra dalam memberi pemahaman yang berulang kali mengenai maksud dari pola berpikir divergen dan konvergen ini serta pemaparan lanjutan seperti ciri-ciri nya agar mudah terdetaksi. Hambatan lainnya adalah Lokasi Riset ini cukup luas yaitu se-Kecamatan Siak Hulu. Sekolah Menengah Atas yang ada di Lokasi penelitian memang belum terbilang banyak, namum jarak dari satu lokasi penelitian ke lokasi penelitian lainnya cukup memakan waktu yang banyak. Pada penelitian ini ditemukan 3 Sekolah Mengah Atas Negeri yang terdapat di lokasi penelitian Kecamatan Siak Hulu ini. Letak geografis Kecamatan Siak Hulu yang membentang horizontal menyebabkan lokasi sekolah satu dengan yang lainnya terletak di masing-masing ujung batas Kecamatan ini (Siak Hulu). Sehingga saya harus bergerak lebih pagi dari kebanyakan orang pada umumnya agar bisa melakukan efesiensi waktu penelitian.

Upaya-upaya yang Saya lakukan untuk mempertahankan motivasi orang tersebut adalah dengan selalu memberikan hasi terkirini dari perkembangan riset yang dilakukan. Menunjukkan setiap langakah yang akan dilakukan hari demi hari nya dan hasil yang ditunjukkan objek riset hariannya.Bottom of Form

 

 

Bagaimana hasilnya?

 

Jawaban :

Hasil penyajian dan analisis data dengan mwnggunakan ANOVA (Analysis og Variance) one way, maka dapat di simpulkan: Terdapat Pengaruh Pola Berpikir Konvergen dan Divergen terhdap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri se-Kecamatan Siak Hulu Kabaupaten Kampar. Dengan nilai koefesien regresi sebesar 226,9. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,210, karena koefesien regresi mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi (p) kurang dari 0,05, maka hipotesis diterima.

Dapat disimpulkan pentingnya seorang guru mengetahui pola berpikir seorang siswa konvergen atau divergen supaya guru dapat menentulan model pembelajaran yang tepat dan mendapatkan hasil belajar yang baik dari siswa.

 

Posting Komentar untuk "Jawaban Essay Nomor 1 s.d 16 Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022"